TANAM ILMU SEKARANG PETIK HARI DEPAN

Selasa, 22 Juli 2008

TIPS AND TRIKS'S

. Selasa, 22 Juli 2008

TIPS AND TRIKS'S BELI LAPTOP
Dari : Taujago.web.id

Laptop atau notebook. Siapa yang tidak kenal dengan benda hi-tech ini. Semenjak ditemukannya teknologi diode semikonduktor yang menggantikan tabung diode yang ukurannya sangat besar, kemudian dilanjutkan dengan ditemukannya transistor, Integrated Circuit (IC) dan yang lebih canggih lagi adalah chip - chip yang ukurannya sudah sedemikian kecil, ukuran perangkat elektronik mengalami penurunan yang sangat signifikan. Termasuk perangkat komputer.

Pada awal semenjak ditemukan, ukuran komputer bisa mencapai satu ruangan. Tetapi setelah kemajuan teknologi yang saya sebut di atas, ukuran komputer bisa sedemikian ringkas. Seperti yang sering anda temui saat ini. Komputer portable atau laptop atau sering jcuga disebut dengan notebook.

Laptop atau panggilan gaulnya lepie adalah komputer dalam bentuk yang sangat ringkas, karena ukurannya lebih kecil dan lebih mudah dibawa kemana - mana dibandingkan dengan komputer desktop. Memiliki lepie adalah pilihan yang lebih baik dibandingkan dengan membeli komputer desktop biasa. Disamping karena dapat dibawa kemana - mana (portable), selisih harga lepie sudah tidak terlalu jauh dengan komputer biasa. Bagi anda yang mempunyai aktivitas yang memiliki ketergantungan dengan komputer serta mobilitas yang tinggi, lagi - lagi, lepie adalah perangkat yang ‘wajib’ anda miliki. Kalangan executive, mahasiswa, ilmuwan, seniman, pegawai pemerintahan, adalah segelintir profesi yang memiliki ketergantungan tinggi dengan komputer dan tingkat mobilitas yang tinggi.

Seringkali penulis didatangi oleh rekan - rekan, teman kuliah, tetangga untuk diberikan masukan tentang lepie seperti apa yang harus dibeli. “pokoknya yang bagus lah.. “. Kira - kira seperti itulah yang sering ditanyakan/disampaikan ke penulis. Berikut ini, penulis akan membahas tentang tips - tips sederhana untuk memilih lepie.

PAHAMI KEBUTUHAN DAN KEMAMPUAN BUDGET ANDA

Sebelum memutuskan untuk memilih laptop merk apa atau yang harganya berapa, terlebih dahulu kita harus memahami dan benar - benar tahu untuk apa laptop itu nanti akan digunakan. Knowing the purposes. Jikalau laptop akan dipergunakan untuk kepeluan perkantoran mungkin spesifikasi yang dipilih tidaklah harus terlalu tinggi tetapi jikalau laptop ingin dipergunakan untuk keperluan komputasi tingkat tinggi seperti desain grafis, atau untuk main game, spesifikasi yang dipilih mungkin berbeda dengan spesifikasi laptop untuk tujuan perkantoran. Karena spesifikasi laptop akan berpengaruh dengan harga. Pahami juga budget yang anda sediakan. Sekedar gambaran, harga laptop saat ini berkisar antara 4,5jt - 20 jt. Suatu range harga yang cukup jauh. Oleh karena itu, kita haruslah pandai - pandai dalam memilih.

Berikut ini adalah hal - hal penting yang perlu anda perhatikan dalam memilih laptop.

* Komponen yang mempengaruhi cepat lambatnya komputer

Komponen yang menjadi penentu cepat - lambatnya komputer salah satunya adalah processor. Processor atau sering disebut dengan CPU (Central Processing Unit) adalah pusat terjadinya pemprosesan data. Spesifikasi processor sering tandai dengan merk, kecepatan dan ukuran cache memory. Merk - merk yang tersedia di pasaran saat ini masih didominasi oleh produk intel walaupun pesaingnya AMD (Advancec Micro Device) juga merilis produk untuk laptop tetapi saat ini produk intel lah yang merajai. Intel sendiri merilis beberapa jenis processor untuk laptop. Untuk generasi Pentium IV, intel merilis intel centrino kemudian diikuti dengan Intel Centrino Duo, Intel Dual Core, Intel Core Duo, Intel Core 2 Duo dan yang terbaru saat ini adalah Intel Core 2 Quad, processor dengan 4 inti processor. Dari jenis - jenis processor intel yang disebutkan diatas, adalah perkembangan teknologi processor intel secara berurutan. Disamping itu juga, Intel juga merilis processor versi murah meriah yang harganya sampai setengah harga dari processor tersebut. Yaitu intel Celeron. Yang mana yang harus anda pilih ? sesuaikan dengan kebutuhan anda. Jika laptop yang ingin anda beli diperuntukkan untuk keperluan perkantoran seperti pengetikan, dan memiliki anggaran yang terbatas, processor Intel Celeron adalah pilihan yang tepat. Tetapi ini akan sangat berbeda jika anda adalah seorang pencinta desain grafis. Intel Celeron adalah pilihan yang kurang tepat. Processor Intel Core 2 Duo adalah pilihan yang sangat tepat. Atau, jika anda adalah seorang maniak game, dan memiliki anggaran yang lebih, anda boleh mencoba produk terbaru dari intel yaitu Intel Core 2 Quad.

Selain produk Intel, processor AMD bisa dijadikan alternatif. Disamping harga yang lebih murah dibandingkan dengan Intel, teknologi AMD tidak kalah canggih dengan Intel. Sebelumnya, processor jenis ini sangat dicintai oleh para maniak game. Karena kecepatannya yang lebih cepat dari processor yang lain. Tetapi yang menjadi masalah adalah panas yang dihasilkan. Tetapi, di penghujung tahun 2006, masalah tersebut sudah dapat teratasi.

Selain merk, hal lain yang perlu diperhatikan adalah kecepatan processor. Kisaran kecepatan processor antara 1 GHz - 2.0 GHz. Semakin tinggi, kecepatan, semakin mahal pula harga processor. Tidak lupa, perhatikan juga ukuran cache memory. Biasanya ditandai dengan keterangan L2 cache. Semakin tinggi, tentunya semakin baik.

Komponen lain yang mempengaruhi kinerja laptop adalah Random Access Memory (RAM). RAM adalah komponen yang bertugas menyediakan memory bagi processor, saat processor sedang bekerja. hal yang perlu diketahui dari RAM adalah kapasitas memory-nya. Ukuran standar memory untuk laptop saat ini adalah 512 MB. Semakin tinggi semakin baik. Tanyakan juga berapa maximum memory yang bisa di upgrade. Siapa tahu, di hari kemudian anda bermaksud menambah ukuran memory anda.

* Dukungan Multimedia

Komponen multimedia diantaranya adalah VGA (Video Graphic Adapter). Spesifikasi VGA juga perlu dipertimbangkan dalam memilih laptop. Pekerja desain grafis atau pencinta game sejati biasanya membutuhkan spesifikasi VGA khusus. VGA dapat dinilai dengan beberapa hal. Diantaranya adalah merk. Merk - merek tersohor verndor VGA diantaranya adalah NVIDIA, ATI, Trident, dan lain - lain. Selain merk, spesifikasi momery VGA juga menentukan kualitas kinerja VGA.

Komponen multimedia pendukung yang mungkin dijadikan pertimbangan diantaranya adalah webcam, soundcard dan speaker. Biasanya, komponen tersebut menggunakan komponen standar untuk laptop. Sedangkan webcam, perangkat ini bersifat opsional. Bagi pencinta musik, ada beberapa jenis laptop yang menggunakan speaker khusus dari vendor lain. Vendor - vendor speaker yang biasanya dipasangkan pada laptop diantaranya adalah Altec Lansing, JBL, harman kardon, dan lain - lain.

* Kapasistas Penyimpanan Data

Hal ini termasuk pertimbangan penting dalam memilih laptop. Komponen yang menentukan kapasitas penyimpanan data adalah harddisk. Ukuran harddisk diukur dalam satuan byte. Saat ini ukuran hardisk untuk laptop berkisar antara 40 GB - 120 GB. Berapa ukuran yang cocok untuk anda ? lagi - lagi pahami kebutuhan anda dan anggaran yang tersedia. Jikalau hanya untuk keperluan mengetik saja, 40 GB sudah lebih dari cukup. Jika anda pencinta music sejati dan maniak game, mungkin harddisk 120 GB adalah pilihan yang tepat.

* Fungsi Konektivitas

Sebaiknya, laptop yang anda pilih memiliki standar konektivitas seperti internal modem, LAN Card, WiFi, Bluetooth, Infrared, dsb. Hal ini sangat penting karena akan mempengaruhi kemampuan pertukaran data dan konektivitas laptop anda nanti. Baik koneksi jaringan internet atau dengan perangkat elektronik lainnya seperti handphone, ipod, dsb. Dari sekian perangkat konektivitas yang disebutkan di atas, sambungan jaringan nir kabel (wireless) merupakan perangankat yang sangat penting. WiFi (Wireless Fidelty) adalah perangkat untuk menghubungkan laptop dengan jaringan komputer tanpa menggunakan kabel. Dengan memiliki perangkat WiFi, laptop dapat disambungkan ke jaringan internet di tempat - tempat tertentu yang menyediakan fasilitas internet hotspot. Tidaklah berlebihan jika penulis menyebutkan perangkat ini ‘wajib’ ada sebagai trend teknologi masa kini.

* Memilih Merk

Merk seringkali menjadi pertimbangan penting dalam memilih laptop. Merk juga menjanjikan kualitas dan gengsi bagi penggunanya. Saat ini merk - merk yang paling banyak mendominasi adalah IBM, DELL, Toshiba, A Note, Compaq, Acer, Asus, BenQ, ECS, Sony, dll. Masing - masing merk, menawarkan teknologi - teknologi yang berbeda - beda pula. Selain itu, desain bentuk merupakan cirikhas tersendiri dari dari masing - masing merk. IBM, Sony, Toshiba, Dell, Acer adalah beberapa merk hi - class. Merk - merk ini cenderung harganya lebih mahal. Tetapi tergantung juga dengan spesifikasi komponen yang ada di dalamnya. Tapi satu hal yang menjadi pertimbangan tambahan dalam memilih merk adalah tersedianya dealer atau service center di kota tempat kita tinggal. Karena tidak selamanya laptop akan selalu sehat, seringkali laptop akan mengalami kerusakan. Jika kerusakan tersebut sudah berhubungan dengan masalah perangkat keras (hardware), sebaiknya anda membawa laptop anda ke service center. Selain merk - merk yang disebutkan di atas, yang notabene adalah merk - merk luar, tidak ada salahnya kita melirik merk dalam negeri. Saat ini sudah ada beberapa merk yang tersedia di pasaran yang proses pembuatan/perakitan dilakukan di Indonesia. Salah satu merk dalam negeri adalah Axio. Dari segi kualitas dan spesifikasi yang disediakan, tidak kalah canggih dengan merk luar tetapi dengan harga yang lebih murah.

* Memilih tempat membeli

Tidak ada salahnya kita membeli laptop di dealer resmi (Authorized Dealer). Selain menjamin keaslian produk, ada rasa aman dan nyaman jika kita membeli langsung dari dealer resmi dibandingkan di tempat lain. Tetapi, membeli di toko komputer yang bukan dealer resmi juga bisa menjadi pilihan. Karena harga yang ditawarkan cenderung lebih murah. Jangan lupa, ajang pameran komputer adalah moment banting - banting harga. Di pameran komputer harga relative lebih murah dari biasanya.

Dari sekelumit penjelasan diatas, mudah - mudahan bisa memberikan gambaran tentang seperti apa laptop yang harus kita beli. Satu hal penting yang harus diperhatikan adalah tujuan penggunaan laptop dan ketersediaan anggaran. Selamat berburu laptop..

2 komentar:

wisnu murti mengatakan...

Askum,,,Pak Ajari buat bloG yang BagUz dong...wznu

wisnu murti mengatakan...

Gmna pak,,,,,!!!!!

 
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com