TANAM ILMU SEKARANG PETIK HARI DEPAN

Selasa, 22 Juli 2008

PENGAJARAN TI BERBASIS KOMPETENSI YANG BARU

. Selasa, 22 Juli 2008

PENGAJARAN TI BERBASIS KOMPETENSI YANG BARU UNTUK SMK
Dari : Deni Triwardana

Pengajaran Keterampilan Komputer dan Pengelolaan Informasi yang ada sekarang ini memang sudah berbasis kompetensi ditambah lagi disesuaikan dengan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI), sebagai guru saya hanya mencoba berimprovisasi dengan menggunakan alternativ lebih fokus ke menyiapkan siswa dengan kemampuan kompetensi keterampilan komputernya ke wirausaha, tidak terlalu muluk-muluk sebatas berbekal kompetensi yang sudah fokus pada sasaran agar anak didik saya dapat berwirausaha ataupun bekerja pada bidang usaha yang fokus diketerampilan komputernya.

Adapun Materi Kompetensi yang saya persiapkan adalah :

- Operator Jasa Pengetikan

- Operator Data Entry

- Operator Warnet

- Operator Assistent Studio Foto Digital

- Operator Assistent Studio Video

- Operator Perakit PC

- Operator Maintenance and Repair PC

- Operator Assistent pembangunan jaringan (wired & wireless)

- Dst….

Beberapa isi materi kompetensi diatas saya survei dari alumni yang sudah bekerja dibidangnya maupun yang membuka usaha sendiri, yang dulu memang saya mengajar mereka tidak fokus ke materi yang sekarang menjadi ladang mereka mencari nafkah, sambil survei dengan mewawancarai mereka saya menyelidiki kompetensi-komptensi yang mereka gunakan dalam berwirausaha dan yang bekerja pada bidangnya yang menggunakan keterampilan komputer. Cukup banyak masukan yang saya terima dari para Alumni (Terima Kasih saya sampaikan kepada para Alumni, Sartono yang membuka usaha jasa pengetikan dan fotocopy di depan kampus Universitas Jayabaya, Dewi Operator Data Entry di Polda Metro Jaya dan masih banyak lagi yang tidak dapat saya sebutkan satu persatu, masukan masukan yang Anda berikan dapat menambah perbendaharaan kompetensi yang akan saya ajarkan pada adik-adik kelasmu, semoga Anda semua membaca blog ini juga)

0 komentar:

 
TERIMA KASIH TELAH BERKUNJUNG
Namablogkamu is proudly powered by Blogger.com | Template by o-om.com